belalang

Minggu, 11 Desember 2016

RESEP MEMBUAT KUE MANGKUK KENTANG

RESEP MEMBUAT KUE MANGKUK KENTANG

hallo semua nya bertemu lagi di posting "saya kasih tau" kali ini saya akan membagikan suatu resep makanan indonesia yaitu KUE MANGKUK KENTANG.sebelum saya membagikan resep kue mangkuk kentang saya akan beri penjelasan sedikit tentang makanan yang satu ini,Kue mangkuk adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tape singkong yang dimasak dengan cara di kukus. berbentuk seperti mangkuk dan mekar pada ujungnya. Kue mangkuk merupakan salah satu kue basah yang populer di Indonesia. Kue yang biasa dijual di pasar tradisional ini diperkenalkan oleh imigran dari Tiongkok selatan, yang kemudian mengalami indigenisasi. Bahan utamanya adalah tepung beras yang dicampur sedikit tepung terigu. tape singkong dan gula juga ditambahkan sebagai penyedap. Adonan ini, setelah diberi pengembang kue (seperti baking powder), kemudian di kukus. Kehadiran kue mangkuk biasanya ada pada pesta ulang tahun atau pertemuan warga. Hiasan sajian di Bali juga kadang-kadang memakai kue mangkuk. Kue ini menarik secara visual karena biasanya berwarna warni cerah, setelah diberi pewarna makanan (sepuhan). ini salah satu cemilan yang sering kita jumpai saat berkunjung ke rumah sahabat, keluarga maupun teman kantor. Yang memberikan kue ini khas adalah bila digigit akan terdengar nunyi “kriukk”. Renyah dan gurih tentunya. Kue ini cocok digunakan sebagai sajian tamu dan tampak menarik untuk mengisi kekosongan meja ruang tamu. sudah pernah mencoba dan ingin mencoba bikin sendiri di rumah ? langsung saja saya kasih tau resep nya .sebelum nya siapkan dulu ya bahan-bahan nya berikut bahan yang harus di persiapkan:
Bahan bahan

  • 1 Sm saf instan
  • 1 sm terigu kunci
  • 50 cc air
  • 250 gr terigu kunci/segitiga
  • 250 gr gula
  • kentang yang sudah di rebus,diremas hingga halus dan di timbang sebanyak 250 gr 100cc santan sedang 1/2 sdt garam

    setelah bahan bahan di atas di persiapkan dan lengkap kita bisa memulai membuat kue mangkuk kentang,simak cara masak di bawah
    Cara memasak
    biang dan adonan di jadikan satu dan diuleni hingga rata,lalu diamkan secara tertutup selama 1 jam. baru di kukus di dalam cetakan bolu kukus yang di alasi dengan kertas cup. di kukus selama 10 menit . nah begitu saja membuat kue mangkuk kentang,sangat mudah bukan hehe ....sekarang kalian bisa mencobanya di dapur masing masing ya semoga enak dehh bikinan nya karena ini resep nya juga tidak sembarangan lohh vrohh :) , ada tambahan tips memasak agar masakan yang kita buat memiliki cita rasa yang maksimal .
    1. setiap kali kompor dinyalakan api harus kecil kira-kira 1-2 menit, setelah itu barulah dibesarkan apinya(medium heat) kalau uap panas keluar dari sekeliling tutup panci, apinya harus di kecilkan lagi sampai masakan matang.
    2. air untuk merebus(selesai rebus akan di buang) di perlukan hanya 2-5 cm,tingginya dari dasar panci dalam keadaan kosong.
    3. masakan kuah memerlukan air sebanyak yang di butuhkan saja, tidak perlu menambah air.
    4. memasak selalu dalam keadaan panci tertutup,ini mencegah panas berkurang sehingga memperpanjang tempo memasak.
    5. setelah memasak diamkan terlebih dahulu selama 5 menit.

    Dirasa sudah cukup postingan tentang cara membuat kue mangkuk kentang kali ini selamat mencoba sampai jumpa di postingan "saya kasih tau"berikut nya
    sampai jumpa semoga bermanfaat
  • Resep membuat bolu kukus
  • Resep membuat kolak waloh
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar